foto-kontak

Mengenal Tomat Gigantomo atau Steak House



Tomat Gigantomo memiliki lebar mencapai 48 cm. Beratnya 12 kali lipat ukuran tomat rata-rata. Tiap tanaman Gigantomo bisa tumbuh setinggi hampir 2 meter. Masing-masing pohon menghasilkan sebanyak 11 tomat.

Besarnya ukuran membuat satu tomat berjenis beefsteak tomato ini dapat dikonsumsi empat orang. Seiris Gigantomo saja bisa digunakan untuk ​menutup ​sebuah burger atau sandwich.

Gigantomo kini telah masuk ke pasaran Inggris. Akan tetapi hanya dapat dibeli dari penjual bibit asal Lincolnshire, Van Meuwen. Mereka ​telah meluncurkannya dalam koleksi tanaman musim semi 2015.

Gigantomo dijual dalam bentuk bibit yang sudah ditaman dalam waktu singkat seharga 14.99 pound (Rp 280.300) berjumlah 5 bibit. Ada juga enam bibit biasa dijual dengan harga 3.99 pound (Rp 74.600).

Van Meuwen bahkan akan memberi hadiah 5000 pound (Rp 93,5 juta) bagi yang dapat menumbuhkan Gigantomo sampai memecahkan rekor dunia. Hingga kini rekor masih dipegang tomat 'Delicious' yang tumbuh sebesar 3,5 kg pada tahun 1987.

Varietas baru ini merupakan hasil dari penelitian dan pengembangan hampir dua dekade oleh pembiak (breeder) di Inggris serta Amerika Serikat. Simon Crawford, salah satu plant breeder ternama di Inggris, lima tahun melanjutkan kerja Paul Thomas asal Amerika dalam membesarkan Tomat Gigantomo. Paul meninggal setelah menghabiskan waktu 15 tahun mengembangbiakkan tomat besar ini.

Tahun lalu, tomat besar diluncurkan di Amerika Serikat oleh perusahaan bibit Burpee dan dijual atas nama SteakHouse. Eropa pun tertarik menjualnya setelah melihat kesuksesan tomat ini. Namun nama SteakHouse tidak dapat diterima oleh Uni Eropa. Sehingga namanya diubah jadi Gigantomo.


Demikian artikel singkat tentang "Mengenal Tomat Gigantomo atau Steak House"semoga dapat membantu...

sumber : http://food.detik.com 

Benih dapat dicari di :  www.tomatunik.com

1 komentar:

Diharapkan untuk memberikan komentar sesuai dengan tema, agar postingan tetap berkualitas,, salam hijau..... go..............green.