foto-kontak

PERTANIAN YANG RAMAH LINGKUNGAN

PERTANIAN  YG  RAMAH  LINGKUNGAN

Pada awalnya pertanian dilakukan secara organik, baik dalam penggunaan pupuk ataupun pengendalian OPT (organisme pengganngu tanaman).  Seiring berkembangnya kebutuhan manusia yang ingin serba instan, terciptalah pupuk dan pestisida sintetis(anorganik) yang lebih disukai.

Apasih kelebihan pertanian Anorganik?
- kemampuan pupuk sintetis(mis Urea, Za, KCl dll) membuat pertumbuhan tanaman lebih cepat, daun, bunga atau buahnya
- Pest sint, lebih cepat membunuh opt, sekali dorrr...! langsung mati 
- Lebih disukai karena memberikan hasil langsung ysng nyata

Keburukannnya apa?
- Pupuk sint hanya memberi makanan untuk tanaman
- Pest. sint membunuh semua hama & organisme lainnya. Residunya sukar terurai.
- Dosisnya selalu bertambah, apalagi pemakaian dengan cara dioplos

Kelebihan Pertanian Organik
Dalam pemakaian pupuk organik, kita  tidak hanya memberi hara untuk tanaman, tetapi juga memberi makanan tanah & mmperbaiki struktur tanah.
Untuk berpindah dr pertanian anorganik ke organik memang tidak mudah, harus secara bertahap, Biasanya hasil akan berkurang sementara, ta
pi ini tidak lama,  ...tiga-empat musim tanam selanjutnya hasil akan merangkak naik (ini yang membuat petani tidak sabar)
Pupuk organik murah, mudah dan dapat dibuat sendiri dgn ketersediaan bahan baku yang tidak akan pernah habis selama ada kehidupan.

Dengan pertanian organik pada akhirnya kita tidak perlu lagi memberi pupuk pada tanaman, karena tanahlah yang memberi makanan untuk tanaman,


Penggunaan biopestisida tidak akan membunuh serangga predator, parasitoid dan jasad renik yang sesungguhnya sahabat petani.
Pengaplikasiannya juga harus sabar dan berkali-kali, karena biopestisida ini  
tidak membasmi tetapi mengendalikan.
Pestisida nabati (berasal dari tanaman), murah, mudah dan dapat dibuat sendiri.

Naah ... sekarang keputusan ada di tangan teman2 semua, mana yang akan dipilih,  pertanian yang ramah lingkungan atau penggunaan bahan kimia sintetis yang dapat menyebabkan akumulasi kanker pada tubuh kita. 

(By Ida Satari)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diharapkan untuk memberikan komentar sesuai dengan tema, agar postingan tetap berkualitas,, salam hijau..... go..............green.