foto-kontak

BAHAYANYA KARBOFURAN

BAHAYANYA  KARBOFURAN

Saya yakin banyak sobat2 petani yang tahu apa itu karbofuran...  ya, karbofuran adalah bahan aktif yang terdapat dalam insektisida, dan biasanya berbentuk granul atau butiran2 kecil.... antara lain terdapat dalam insektisida dg merk dagang misal: Kurater, Kresnadan atau Furadan (maaf, saya mencantumkan merk, supaya lebih jelas)

     Selain residunya sukar terurai, karbofuran ini mempunyai spektrum yang sangat luas, tidak hanya serangga hama, cacingpun yang berukuran jauh lebih besar dan sesungguhnya sahabat petani jika memakan serasah yang mengandung karbofuran ini akan mati.  Bayangkan salah satu penyubur tanah hilang sudah...

     Karbofuran, merupakan insektisida yang sangat disukai petani, mengapa? Karena sifatnya yang 'tokcer'   racunnya dapat masuk ke dalam seluruh bagian tanaman, batang, daun, bunga dan buah, sehingga serangga yang makan bagian tanaman yang mengandung racun tsb akan mati.   Bayangkan lagi, jika kita memakannya... memang, kita tidak akan langsung mati, tapi racunnya akan mengendap dan terus terakumulasi dalam tubuh, bisa menyebabkan kanker.  Alih-alih ingin memberikan makanan yang sehat (sayur dan buah) untuk keluarga, ..tanpa kita sadari sesungguhnya kita memberikan racun untuk mereka.

     Naah ... sobat2 pecinta tani yang tentunya pecinta keluarga.., apakah racun tsb cukup sampai disini, sampai dengan generasi kita ataukah akan dilanjutkan ke generasi berikutnya....??? Keputusannya ada di tangan para sobat semua,.. 


(By  Ida Satari)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diharapkan untuk memberikan komentar sesuai dengan tema, agar postingan tetap berkualitas,, salam hijau..... go..............green.