foto-kontak

Mengenal Cabe Besar Pedas IPB CH3

Sahabat pekaranganhijau.com, masih setia dong menjadi pembaca kami, kali ini saya akan memberikan informasi mengenai "Cabe Merah Besar Rasa Pedas IPB CH3" ya kalau biasanya cabe merah gak terlalu pedas, kalau yang ini 2 kali lebih pedas dari cabe merah biasa, pengen tahu..? Mari kita simak.

Cabai merupakan salah satu komoditas yang sangat dicari masyarakat Indonesia dan ketersediaannya sangat bergejolak. Sebuah varietas baru yang unggul dan diadaptasi dengan kondisi lokal Indonesia, akan membantu menstabilkan ketersediaan, juga harga.

Selama ini kita dihadapkan pada 2 pilihan  yakni cabai kecil yang rasanya pedas dan cabai besar yang rasanya kurang pedas. Kini ada pilihan ketiga yang menggabungkan sifat-sifat unggul dari pilihan tersebut. Hadirnya cabai hibrida IPB CH3, memberikan pilihan varian cabai besar dengan rasa yang pedas.

Cabai hibrida ini dihasilkan oleh para peneliti IPB: Dr. Muh. Syukur, Dr. Rahmi Yunianti dan Prof. Dr. Sriani Sujiprihati.

Produktivitas cabai IPB CH3 tergolong tinggi yaitu 1,11 kg per tanaman.Cabai yang mendapat predikat Kelas Mutu 1  menurut standar SNI ini juga memiliki umur panen yang lebih cepat dibandingkan cabai besar varietas lainnya. Cabai ini sangat adaptif dengan lingkungan optimum dan cocok dibudidayakan di Indonesia, karena merupakan hasil persilangan antara genotipe setempat.

Cabai ini unggul dalam perspektif inovatif karena memiliki kepedasan yang tinggi dengan kadar capsaicin 377,66 ppm. Bobot, panjang dan diameter buahnya lebih baik dibandingkan varietas pembanding Kelas Mutu I menurut standar SNI.

Bagi petani lokal Indonesia, penyedia bibit unggul, dan perusahaan-perusahaan khususnya yang bergerak di industri kuliner, potensi penggunaan bahan makanan satu ini tentu krusial untuk keberlangsungan bisnis mereka.

 sumber : http://www.cabehias.com/2014/03/ipbch3.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diharapkan untuk memberikan komentar sesuai dengan tema, agar postingan tetap berkualitas,, salam hijau..... go..............green.